oleh

Berikut 5 Hasil Rapat Mengenai PT. ANA yang Beroperasi di Morut

Celebesta.com – PALU, Rekomendasi hasil rapat fasilitasi kedua oleh Pemrov Sulteng atas permasalahan perkebunan kelapa sawit yang melibatkan perusahaan PT. Agro Nusa Abadi (ANA) dengan Masyarakat Desa Bungintimbe dan Desa Bunta, Kabupaten Morowali Utara bersama Front Rakyat Advokasi Sawit (FRAS) dan Walhi Sulawesi Tengah setelah pembahasan yang alot akhirnya mendapatkan 5 hasil rapat berikut:

Pertama, Pembentukan Tim Terpadu Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Morowal Utara dan Badan Pertanahan Nasional Provinsi dan Kabupaten.

“Tim ini akan bekerja selama sebulan sejak SK Tim dikeluarkan. Fokus Tim Terpadu ini akan memeriksa dokumen-dokumen perizinan Perusahaan PT Agro Nusa Abadi,” jelasnya, Selasa (23/11).

Baca Juga: Pemprov Sulteng Ultimatum PT. ANA atas Dugaan Penyerobotan Lahan Warga di Morut

Kedua, masyarakat diberikan akses untuk melakukan aktivitas di atas lahan khususnya di Desa Bungintimbe dan Desa Bunta sesuai dengan hak kepemilikan.

Ketiga, meminta kepada perusahaan untuk tidak melakukan tindakan kriminalisasi yang menimbulkan konflik secara khusus kepada masyarakat.

Keempat, BPN akan menunda proses Hak Guna Usaha PT Agro Nusa Abadi sampai dengan masalah konflik lahan masyarakat bisa selesai.

Kelima, Hasil Rekomendasi rapat ini akan ditembuskan ke beberapa instansi terkait di antaranya, Bupati Morowali Utara, DPRD Kabupaten Morowali Utara, Polda Sulawesi Tengah, Polres Morowali Utara. (FOLDI)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan