oleh

KPU Sulteng Ikuti Orientasi Tugas di Rindam Jaya, Jakarta Timur

CELEBESTA.COM-PALU, Usai mengikuti pelantikan anggota KPU 20 Provinsi di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/05/2023).

Kini anggota KPU 20 Provinsi yang terpilih periode 2023-2028 mengikuti orientasi tugas Diklat Kesamaptaan dan Bintalsik bertempat di Rindam Jaya, TNI AD, Jakarta Timur sejak 24-30 Mei 2024.

Dari 20 Provinsi yang mengikuti orientasi tugas tersebut salah satunya Sulawesi Tengah.

Hal itu dibenarkan Risvirenol, Ketua KPU Sulteng bahwa komisioner yang baru saja dilantik selanjutnya mengikuti orientasi tugas.

“Iya yang mengikuti Orientasi Tugas adalah Komisioner dan sekertaris KPU Sulteng,” tulis Risvirenol via WhatsApp saat dihubungi Celebesta.com, Sabtu (27/05/2023).

Terlihat Komisioner KPU dari dua puluh Provinsi mengikuti Orientasi Tugas. (Foto: KPU RI).

Adapun materi orientasi tugas dalam diklat tersebut adalah Integritas Pemilu dan Nilai Dasar KPU, empat pilar kebangsaan (Pemilu Sarana Integrasi Bangsa), Manajemen Perencanaan Anggaran Rumah Tangga dan umum, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat.

Selanjutnya materi Data Pemilih dan Dukungan Teknologi Informasi,Kelembagaan KPU (Kelembagaan, Manajemen SDM, Pola Hubungan internal KPU (Antar Komisioner dan Sekretariat), Kebijakan dan Manajemen Resiko Tahapan Pemilu, Hukum Penanganan Pelenggaran dan Sengketa.

Kemudian materi Dukungan Sekretariat, Sistem Pengendalian Internal (Sistem Pengawasan Internal Pemerintah, Mitigasi Resiko, WBS), HAM, Gender, Disabilitas dan Pemilu Sarana Integrasi Bangsa, Kode Perilaku Penyelenggara Pemilu, Pola Hubungan Internal.

Berikutnya materi tentang Komunikasi Strategis, Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan dan Problem Solving, Tata Cara Menghadapi Laporan Pelanggaran dan Sengketa.

Selain materi kepemiluan adapula materi yang dibawakan oleh pihak Rindam Jaya seperti Kepemimpinan yang berlandaskan bela negara dan materi-materi rindam lainnya. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan