oleh

Harga Mulai Naik, Pencurian TBS Sawit Kembali Terjadi di Mateng

Mamuju Tengah,- Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit terus merangkak naik bahkan sudah tembus Rp2.000 perkilo dari sebelumnya yang sempat anjlok di angka Rp 500 perkilo. Namun, seiiring mulai naiknya harga tandan berduri tersebut kasus pencurian pun mulai marak kembali terjadi.

Salah satu dugaan kasus pencurian di alami oleh Ibu Eka Linawati warga di desa Tobadak, kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dengan lahan seluas 75 are.

Awalnya, kata dia, ia pergi ke kebun saat akan melakukan pemanenan. Tetapi ketika sudah sampai di kebun, ia mendapati bekas-bekas pelepah baru yang menandakan tanaman sawit miliknya baru saja dilakukan pemanenan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Niatnya ke kebun mau panen sawit, tapi sudah dipanen kan orang. 1 kebun (75 are) hanya dapat 16 janjang. Padahal biasanya bisa 50-65 janjang. Bekas pelepahnya juga masih segar,” ungkap Ibu Eka kepada Celebesta.com, Minggu (28/08/2022).

Ia juga mengaku dalam satu tahun terakhir, sudah 4 kali ia mendapati kasus pencurian ini. Namun, kata dia, pada saat harga sawit masih rendah, kasus pencurian seperti ini tidak pernah terjadi.

“Syukuri saja, mungkin belum rezeki. Harga sawit baru naik tapi muncul lagi penyakit baru,” cetusnya.

Ia pun berharap, kejadian serupa tidak terjadi kembali dan berharap pelaku segera di tangkap karena kasus pencurian ini sangat merugikan petani.*** (Indra)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan