oleh

Pakaroso Ada Menuju 2024

CELEBESTA.COM – PARIMO, Pemilu di Tahun 2024 tinggal menghitung bulan, para politisi yang akan berkontestasi juga siap unjuk gigi. Ada yang memasang Baliho di ruang-ruang publik dan tidak sedikit juga memanfaatkan Media Sosial, tujuannya satu yakni untuk memperkenalkan diri dan ingin menarik simpati konstituen.

Asran Dg. Patompo, Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Tengah yang diketahui akan maju pada bursa calon Legislatif 2024 juga memanfaatkan Facebook untuk ajang promosi.

Ketua BPH AMAN Sulteng itu, dalam akun Facebook Daeng Patompo membagikan Story berupa flyer yang bertuliskan Markas Kuningan Center, Asran juga memohon do’a dan dukungan menuju DPRD Parimo.

Dari flyer tersebut, dapat dipastikan dirinya akan bertarung menggunakan Partai besutan Megawati Soekarnoputri.

Dirinya juga mencantumkan tagline berbahasa Kaili “Pakaroso Ada” yang berarti Perkuat Adat. Sebagaimana diketahui Asran adalah salah satu aktivis gerakan masyarakat adat di Sulawesi Tengah.

Saat dihubungi Celebesta.com, Rabu (17/08/2022) membenarkan bahwa dirinya akan maju di pesta demokrasi lima tahunan itu.

” Iya saya maju melalui PDIP dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Parigi-Moutong. Selaku kader AMAN banyak hal yang harus diadvokasi ditingkat masyarakat adat dan lokal seperti terjadinya kasus-kasus perampasan hak Masyarakat Adat dan Wilayah adat,” Tegasnya.

Aktivis bergaya santai itu menuturkan alasannya untuk ikut dalam pemilu mendatang karena ingin mendorong pengakuan komunitas adat dan wilayah adat terkhusus di wilayah Parigi Moutong.

“saya terdorong masuk dalam sistem,selama ini kita teriak-teriak tanpa ada tindaklanjut. Banyak yang tidak terakomodir jadi kita harus masuk dalam legislatif,” Ungkap dia.

Menurut Asran bahwa dirinya siap untuk menjadi perwakilan masyarakat adat di DPRD Kabupaten Parigi-Moutong.

“Jika terpilih maka saya berkomitmen untuk membawa aspirasi Masyarakat Adat maupun lokal di wilayah Parigi Moutong. Menjaga dan mempertahankan budaya adalah solusi menjaga wilayah adat”Tutup Asran (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan