oleh

Bawaslu Kota Palu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

CELEBESTA.COM-PALU, Bawaslu Kota Palu Menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipastif bertempat di Kampung Nelayan Resto, Kelurahan Talise, Kota Palu. Senin (15/08/2022)

Ivan Yudharta,Ketua Bawaslu Kota Palu saat menyampaikan materi tentang Pengawasan Pemilu 2024 mengatakan bahwa pihaknya merangkul organisasi-organisasi, media cetak dan elektronik sebagai upaya untuk memperluas pengawasan partisipatif di masyarakat.

“Kita merangkul teman-teman organisasi dan media. Pemilu tidak bisa dikatakan sukses jika banyak pelanggaran hal itu terjadi karena banyak masyarakat yang belum memahami,” Jelas dia.

Menurut Ivan, Sejauh ini Bawaslu harus dijadikan tempat pendidikan dan laboratorium agar masyarakat bisa belajar.

“Banyak mahasiswa yang sudah melakukan penelitian di Bawaslu Kota Palu harapan kita juga agar Bawaslu bisa menjadi laboratorium untuk belajar tentang pengawasan kepemiluan.” Harap Mantan Aktivis Mahasiswa itu.

Terkait dengan Sosialisasi pengawasan Pemilu, menurutnya hal itu bertujuan transfer pengetahuan Kepemiluan dan juga bertujuan untuk mempermudah orang mendapatkan haknya dan mempersulit orang mendapatkan yang bukan haknya

Dihadapan awak media dirinya juga mengatakan bahwa pengawasan Pemilu saat ini cukup berat sehingga penting untuk bekerjasama dengan Kesbangpol.

“Kita sudah menggagas kerjasama dengan Kesbangpol agar bisa melibatkan KPU dan Bawaslu di kegiatan-kegiatan mereka untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu” Terang dia

Sementara itu, Anggora Bawaslu Kota Palu, Munirah mengatakan bahwa salah satu yang menjadi kendala dalam pengawasan adalah karena keterbatasan personil sehingga salah satu solusinya adalah merangkul organisasi-organisasi untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif.

“Saat ini kita kekurangan personil mengawasi pemilu di Kota Palu sehingga penting untuk pengawasan partisipatif karena Pemilu adalah milik kita semua,” Kata dia

Dalam Sosialisasi itu juga dirangkaikan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun Bawaslu yang ke 4 (empat) tahun dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sejumlah organisasi, diantaranya; HMI Cabang Palu, PMII Cabang Palu, PMKRI Kota Palu, KAMMI Kota Palu, GP Ansor Kota Palu, IMM Kota Palu, KNPI Kota Palu dan SAPMA Pemuda Pancasila. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan