oleh

7 Tips Kerja agar Anda Bisa Lebih Produktif

Cara mengatur waktu kerja dengan baik merupakan salah satu kunci agar bekerja lebih produktif. Kamu juga harus memahami tips agar kerja lebih produktif yang dapat diterapkan untuk work from office maupun work from home.

Jangan sampai kamu menggunakan banyak waktu dan tenaga akan tetapi tidak menghasilkan apapun. Itulah pentingnya mengatur waktu agar pekerjaan yang kamu lakukan memiliki target hasil yang jelas.

7 Tips Membuat Kamu Menjadi Lebih Produktif

Dalam bekerja kita harus mampu memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Sehingga, tidak banyak waktu yang terbuang dan pekerjaan yang tak kunjung selesai. Manajemen waktu yang baik merupakan salah satu cara untuk menjadikan kerja lebih produktif.

Produktif adalah kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai hal termasuk pekerjaan dengan waktu yang efektif dan efisien. Selain itu, juga terdapat berbagai tips dan trik untuk menjadikan kerja lebih produktif. Nah, inilah 7 tips kerja lebih produktif yang dapat kamu terapkan.

1. Hindari Multitasking

Multitasking memang kedengarannya sangat efektif untuk dapat mengerjakan semua hal. Tapi hal tersebut merupakan sebuah kesalahan. Menurut New York Times, multitasking mustahil untuk dilakukan karena kemampuan otak manusia sangatlah terbatas. Selain itu, menurut dr. Miller, multitasking dapat membatasi kreativitas dan sangat berisiko dengan melakukan kesalahan.

Multitasking dalam bekerja justru akan menghambat produktivitas. Hal ini karena konsentrasi akan terpecah belah dengan beberapa pekerjaan. Ini mengakibatkan hasil tidak tercapai dengan maksimal justru tidak bisa menggunakan waktu dengan efektif dan efisien.

2. Cobalah Metode ‘Two Minute Rule

Metode ‘two minute rule’ dapat kamu coba agar dapat bekerja secara produktif. Dilansir dari Forbes, metode ‘two minute rule’ mengajak untuk bekerja produktif selama dua menit pertama. Di sini berarti kamu harus fokus bekerja tanpa adanya distraksi maupun menunda. Tidak perlu terburu-buru, akan tetapi kamu memang harus fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

Kebiasaan menggunakan ‘two minute rule’ akan menjadikan kamu lebih fokus dalam bekerja. Sehingga dapat meraih goals yang akan dicapai. Sangat penting sekali untuk menghindari distraksi saat bekerja karena hal ini dapat mengganggu konsentrasi hingga menghambat pekerjaan.

3. Batasi Waktu Bekerja

Membatasi waktu bekerja merupakan salah satu tips agar kerja lebih produktif dan tubuh tidak mengalami stres karena kelelahan. Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, seorang atlet, musisi hingga pemain catur hanya menggunakan waktu 90 menit untuk berlatih.

Mungkin hal tersebut dapat diterapkan dalam bekerja. Selama waktu 90 menit kamu akan terpacu untuk mencapai hasil dan menghindari distraksi. Akan tetapi jangan mengabaikan waktu istirahat pula. Setelah 90 menit bekerja, kamu harus menyisihkan waktu untuk tubuh dan otak beristirahat sehingga tidak terjadi kelelahan yang justru dapat menghambat produktivitas.

4. Buat Target Kecil dan Realistis

Menentukan target dapat menjadi salah satu cara jadi orang produktif dalam bekerja. Tidak perlu target yang besar dan muluk-muluk, justru seringkali hal ini tidak dapat tercapai dan terlalu membuang waktu. Ada baiknya untuk membuat target mulai dari yang kecil sehingga Anda kan lebih mudah menyelesaikannya dan menentukan target berikutnya.

Kamu juga harus membuat target yang realistis atau dapat tercapai. Sehingga hal ini tidak membuat kamu terbebani. Memulai dengan target kecil dan realistis juga akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang efektif dan lebih efisien.

5. Kurangi Scroll Media Sosial

Saat bekerja kamu harus menghindari distraksi seperti membuka media sosial. Pasalnya, ini dapat memecah konsentrasi dan terkadang lupa waktu sehingga pekerjaan pun akan terbengkalai dan tidak selesai sesuai target.

Menghindari distraksi memang terbilang susah akan tetapi jika sudah menjadi kebiasaan akan berdampak baik dirimu juga. Pekerjaan akan selesai pada waktunya dan target yang telah disusun dapat dicapai. Ada baiknya untuk menggunakan ponsel seperlunya saja, misalnya untuk berkomunikasi dengan rekan kerja.

6. Sediakan Camilan yang Menyehatkan

Camilan yang tidak sehat akan tidak hanya mengganggu kesehatan jangka panjang akan tetapi akan merusak konsentrasi seharian dan menyebabkan rasa lesu. Oleh karena itu, pilihlah camilan yang menyehatkan seperti buah, kacang sangrai, agar-agar untuk menemani kamu bekerja.

Camilan dapat menghindarkan kamu dari rasa kantuk dan mengatasi perut keroncongan. Nah, baiknya memilih camilan yang tidak menyebabkan kenyang berlebihan seperti contoh di atas. Pasalnya, jika kamu terlalu kenyang justru akan mudah merasa kantuk dan lesu.

7. Gunakan Iringan Musik

Seringkali saat kita bekerja terdapat distraksi dari orang lain yang dapat mengganggu pekerjaan seperti obrolan sari rekan kerja maupun kondisi rumah yang tidak kondusif saat WFH. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan iringan musik saat bekerja. Kamu dapat menggunakan headset dan memutar lagu kesukaan.

Mendengarkan musik dapat membantu melepaskan hormon dopamine yang bisa menimbulkan rasa berbahagia dan semangat. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda untuk bekerja lebih produktif. Tentunya, Anda juga akan lebih fokus karena tidak ada distraksi yang beras dari orang lain.

Nah, untuk menunjang hal tersebut kamu dapat menggunakan ponsel dengan suara yang baik. Salah satunya yakni Infinix Hot 11s dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, salah satunya yakni terdapat dual stereo speaker.

Dengan suara yang jernih, maka kamu akan lebih nyaman mendengarkan musik sambil bekerja. Kamu juga dapat menghubungkan ke perangkat earphone maupun speaker. Wah, bekerja akan semakin produktif ditemani lagu kesukaan!

Bagaimana, sudah menerapkan tips agar kerja lebih produktif seperti contoh di atas? Jangan khawatir, kamu juga bisa mendapatkan Infinix Hot 11s melalui Blibli.com dengan penawaran harga yang menarik untuk membantu kamu lebih produktif dalam bekerja.

Blibli merupakan marketplace terpercaya di Indonesia dengan menyediakan berbagai kebutuhan hidup. Pastinya belanja jadi menyenangkan karena diskonnya yang bertaburan!

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan