oleh

Puluhan Mahasiswa Aksi Kamisan ke 35 Tuntut Pelangaran HAM di Sulteng

Celebesta.com – PALU, Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Kamisan Palu (AKP) mengelar aksi damai di depan Kampus Universitas Tadulako (Untad), kamis (17/3/2022).

Dalam aksi tersebut puluhan mahasiswa dengan secara bergantian melakukan orasi untuk menyampaikan tuntutan mereka. AKP yang ke 35 itu mengangkat isu-isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kalau untuk ini kita tidak melihat dari dia lembaga mana tapi kita bawanya individu, sama sekali tidak membawa nama lembaga,” ungkap

Wandi selaku korlap saat ditemui disela-sela aksi, Kamis (17/3).

Wandi menjelaskan bahwa tuntutan yang mereka angkat ialah hasil dari diskusi dan konsolidasi dengan teman-teman mahasiswa yang ada di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Misalnya di publik ada yang beredar tentang HAM itu kembali kita diskusi dan kembali kita jadikan satu isu,” jelasnya.

Adapun tuntutan ialah, menolak pembangunan PLTU di Lero. Tuntaskan problematika kelangkaan minyak goreng dan LPG. Lawan impunitas. Adili penembak Refaldi. Bentuk tim satgas PPKS di kampus-kampus. Disabilitas merupakan tanggung jawab negara.

Kemudian meminta di cabut IUP PT. Trio kencana. Hentikan PHK sepihak serta berikan jaminan hak-hak buruh. Hentikan kriminilisasi lingkar sawit dan tambang dan sebagainya.

“Berharap Aksi Kamisan ini dapat menjadi wadah untuk latihan puisi, menyampaikan aspirasi dan bagaimana masyarakat melihat kita itu sadar dengan hak dan tanggung jawabnya, serta peduli dengan problem atau isu-isu yang kita angkat,” tutup Wandi. (Foldi)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan