oleh

Tanah dan Air dari 34 Provinsi Jadi Satu Tanah Air di IKN Nusantara

Celebesta.com – BALIKPAPAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengudang para gubernur dari 34 provinsi di Indonesia. Rencananya Presiden Jokowi bersama rombongan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin 14 Maret 2022 dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Kegiatan bersama para gubernur akan melakukan prosesi kegiatan dan sebagai orang timur tentunya meminta doa dan menunjung tinggi kearifan lokal Kalimantan Timur,” jelas Biro Pers, Media dan informasi Sekretariat Presiden melalui keterangan persnya, Minggu (13/3/2022) malam.

Selanjutnya Presiden Jokowi mengajak 34 gubernur bersama elemen masyarakat untuk mensukseskan program IKN Nusantara karena hal itu merupakan pekerjaan besar kedepannya.

Baca Juga: DPR RI Sahkan RUU IKN Jadi UU

“Hari kedua Presiden Jokowi melihat beberapa lokasi yang sudah dipersiapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk penanaman pohon diberbagai titik,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet, Menteri Bappenas, Kepala Otorita IKN bersama Wakil Otorita IKN, Kementerian BUMN, Menteri PUPR, KLHK dan sejumlah kementerian dan lembaga negara lainnya.

Sebelumnya para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing di wilayah dari titik-titik lokasi sesuai kerarifan lokal dan budaya masing-masing. Tanah dan air rencananya akan dituangkan ke dalam gentong yang telah disiapkan menjadi satu.

“Tanah dan air merupakan wilayah nusantara dari ujung Aceh sampai Papua dengan kearifan lokal yang berbeda dan dituangkan menjadi satu tanah air,” ungkapnya. (mk)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan