oleh

Vaksinasi Anak Masih Rendah Di Kabupaten Donggala, Ini Kendalanya

Celebesta.com — DONGGALA, Vaksinasi kelompok anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Donggala baru mencapai 12,6 persen karena masih banyak orang tua yang tidak menginginkan anaknya untuk di vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Donggala H Muzakir Ladoali mengatakan, saat ini vaksin kelompok anak baru mencapai 12,6 persen. Itu dari jumlah ditargetkan berdasarkan data proyeksi 35 ribu anak usia 6-11 tahun di Donggala.

Muzakir Ladoali menjelaskan, salah satu kendalanya, masih banyak orangtua tidak menginginkan anaknya untuk di vaksin.

“Hal itu disebabkan masih ada orangtua siswa terhasut oleh adanya berita-berita hoax tentang dampak buruk vaksin,” kata H Muzakir kepada Celebesta.com, Senin (7/2/2022) diruang kerjanya.

Maka dari itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Donggala, menerapkan sistem sosialisasi langsung suntik vaksin Covid-19 di setiap sekolah dasar pada kelompok usia 6-11 tahun.

Itu dilakukan untuk dapat memenuhi percepatan capaian target vaksinasi anak yakni, sekitar 35 ribu siswa.

Ia juga menjelaskan, penyebab lain terhambatnya pencapaian vaksin itu. Dikarenakan adanya waktu jeda satu hingg dua hari, antara vaksin dengan sosialisasi kepada siswa dan orangtua siswa.

“Misal kita sasaran sosialisasi ke 100 anak murid, namun yang datang di hari itu hanya 50 orangtua siswa, besoknya pas vaksinasi malah tambah berkurang lagi dan yang datang hanya sekitar 30 orang,” tuturnya.

“Berarti dampak dari sosialisasi itu bukan untuk mendorong atau menambah orang bersedia di vaksin, malah berkurang, itu karena masih banyak keraguan-keraguan,” tambahnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya bersama unsur terkait merubah strategi, yakni dengan tidak melakukan jedah antara sosialisasi ke siswa dengan pelaksanaan vaksinasi.

“Jadi saat ini kami terapkan, sekarang sosialisasi, saat itu juga pelaksanaan vaksinasinya,” pungkasnya. (Jum)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan