oleh

Breaking News: Gempa M 7,5 Guncang Barat Laut Larantuka, wilayah Sulsel, NTB, NTT, Maluku dan Sultra Waspada Tsunami

Celebesta.com – Gempa kuat dengan Magnitudo (M) 7,5 baru-baru terjadi di barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 11.20 WITA Selasa (14/12/2021) jelang siang ini.

Berdasarkan informasi dari Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, titik koordinat gempa berada pada 7.59 LS, 122.26 BT dan dengan kedalaman 12 km. BMKG mengumumkan peringatan dini untuk wilayah Provinsi Maluku, Sulsel, NTB, NTT, dan Sultra.

“Warning Tsunami PD-1, potensi tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat,” tulis peringatan BMKG.

BMKG juga mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten yang berada pada status awas dan siaga agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi secara menyeluruh.

Kemudian, kepada wilayah yang berstatus waspada, BMKG menghimbau Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten agar mengarahkan masyarakat menjauhi pantai dan tepian sungai.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan. Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG.

Sementara, salah seorang warga kota Makassar, Dalpiah mengatakan di kota Makassar, khusus disekitar wilayah pasar Butung, gentaran gempa cukup kecil, bahkan sebagian warga tidak merasakan.

“Tidak terlalu kencang getarannya (gempa), bahkan sebagian orang tidak merasakan,” ujarnya.

(Indra/Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan