oleh

Kemendag Hidupkan Kembali Perdagangan Global 2021

Celebesta.com – JAKARTA, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Produk Ekspor (Dirjen PPE) bertekad menghidupkan kembali perdagangan global yang sempat mengalami lesu melalui ajang Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE) 2021 dengan tema “Reviving Global Trade”.

“TEI-DE 2021 akan memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih banyak melalui konsep katalog digital. Akan lebih leluasa bagi peserta maupun pengunjung untuk menampilkan dan mengekplorasi informasi berbagai produk unggulan Indonesia. Dengan begitu, kegiatan interaktif antara seller dan buyer akan berjalan lebih baik,” ungkap Dirjen PPE, Miftah Farid melalui keterangan persnya, Rabu (20/10/2021).

Platform TEI-DE, tambah Miftah, juga lebih disempurnakan fiturnya. Situs web menjadi lebih mudah digunakan dengan bandwidth kecil sehingga akses menjadi lebih mudah dan cepat. Forum dalam rangkaian kegiatan TEI juga diperbarui, yaitu menghadirkan Menteri Perdagangan dari negara sahabat, seperti Singapura dan Filipina, serta menghadirkan Halal Trade Forum.

Baca Juga: Ketua YLK Sulteng Imbau Masyarakat Lebih Teliti dengan Lintah Darat Online

Selama pameran berlangsung, akan disediakan tautan daring antara TEI dengan Paviliun Indonesia di World Expo Dubai sebagai referensi silang ragam produk ekspor Indonesia. Tautan tersebut akan membuka peluang lebih besar untuk meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi ke pasar internasional lainnya.

“Keterkaitan tersebut diharapkan mampu meningkatkan nation branding Indonesia di luar negeri yang merefleksikan kesiapan Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai negara,” jelas Miftah.

Pada pembukaan TEI 2021, akan diserahkan Penghargaan Primaniyarta kepada eksportir Indonesia yang mampu meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan. Selain itu, juga akan diserahkan Penghargaan Primaduta dalam mengapresiasi loyalitas buyer terhadap produk Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dalam konferensi pers yaitu Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dan perwakilan Debindomulti Adhiswasti Vibiadhi Pradhana.

“BNI menyampaikan terima kasih kepada Kemendag atas kesempatan yang diberikan kepada BNI untuk dapat berpartisipasi sebagai official bank partner pada acara TEI-DE 2021. BNI juga mengapreasiasi komitmen Kemendag yang tetap menyelenggarakan TEI di tengah kondisi pandemi saat ini untuk mendukung eksportir Indonesia dan menghidupkan kembali perdagangan global,” ujar Henry Panjaitan.

TEI-DE 2021 yang merupakan ke-36 akan diselenggarakan pada 21 Oktober– 4 November 2021 untuk online interactive. Sementara itu, showcase akan berlangsung hingga 20 Desember 2021. (mk)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan