oleh

Gempa di Touna Tak Terkait dengan Gunung Colo, BMKG: Murni Gempa Tektonik

Celebesta.com – TOUNA, Dua gempa signifikan berkekuatan magnitudo 5,9 (dimuktahirkan 5,8) dan 6,5 (dimuktahirkan 6,3) mengguncang Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin, 26 Juli 2021 kemarin.

Gempa yang berpusat di laut pada wilayah Teluk Tomini dan berjarak 58 km dari daratan Touna itu dikaitkan banyak pihak karena adanya aktivitas dari gunung (Berapi) Colo yang berada di tengah Teluk Tomini di Pulau Una-Una. Namun, hal tersebut dibantah pihak Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami, Daryono menegaskan, gempa yang terjadi di Kabupaten Touna tidak ada kaitannya dengan gunung berapi Colo yang diketahui terakhir meletus pada 23 Juli 1983 itu.

“Tidak ada kaitan (Dengan Gunung Colo), ini asli gempa tektonik,” ujar Daryono, Senin (26/7/2021) malam.

Daryono melanjutkan, jika memperhatikan peta tektonik, tampak bahwa pusat terjadinya gempa terletak pada jalur Sesar Balantak.

Gunung berapi Colo menjadi salah satu pusat perhatian setelah video aktivitas vulkaniknya tersebar di jagad maya Facebook dengan caption yang mengait-ngaitkan dengan gempa yang terjadi sebelumnya.

Namun, setelah tim Celebesta.com melakukan penelusuran, video yang tersebar tersebut ternyata adalah aktivitas gunung Colo pada tahun 2015 silam. Sehingga perlu dilakukan konfirmasi lebih lanjut pada petugas Pos Pengamanan Gunung Colo. (ISN)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed