oleh

Mahasiswa Unsulbar Dapat Materi Bela Negara

Majene – celebesta.com, Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar memberikan materi bela negara kepada mahasiswa baru Universitas Negeri Sulbar (Unsulbar) pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kapolda Sulbar dalam materinya menyampaikan bela negara adalah spektrum yang sangat luas, dimulai dari upaya untuk membangun kehidupan sosial yang harmonis, rukun, saling menghormati (menghormati perbedaan), sampai dengan tindakan menangkal ancaman serangan musuh bersenjata yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri demi Untuk melindungi kedaulatan bangsa dan negara.

“Bela Negara bukan hanya tanggung jawab Pemerintah dan TNI/POLRI saja melainkan juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat termasuk mahasiswa sehingga dalam perjalanannya lahir organisasi atau satuan tugas yang membantu Pemerintah dan TNI /POLRI dalam menjaga kamtibmas contohnya: Bankom, Satgas PEK”, kata Baharuddin.

Lanjut Kapolda, ada beberapa yang menjadi dasar hukum untuk bela negara salah satunya adalah PASAL 27 AYAT 3 Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Disamping itu tambah pria jenderal satu, ada 4 poin penting kenapa bela negara itu sangat penting yaitu untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman, untuk menjaga keutuhan negara, merupakan panggilan sejarah, merupakan kewajiban setiap warga negara.

Tak hanya itu, Kapolda juga menysmpaikan ada 5 unsur dan nilai-nilai yang harus ditanamkan dalam setiap pribadi yang mengaku sebagai warga negara yang tercinta ini yaitu NKRI, pertama memiliki jiwa cinta tanah air, kedua memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini bahwa pancasila merupakan indeologi negara, Rela berkorban demi kesejahteraan bangsa dan negara, dan kelima mempunyai keahlian awal bela negara
“Kewajiban bela negara sudah menjadi tanggung jawab setiap insan masyarakat sejak lahir. dan ada dua bentuk bela negara yaitu bela negara secara fisik dan non fisik,” terangnya.

Diakhir materinya, kapolda juga mengungkapkan berbagai harapannya terkait bela negara yaitu terwujudnya community policing, 4 pilar sulbar (bhabinkamtibmas – kepala desa – babinsa – penyuluhan agama) , masyarakat mala’bi dan adanya peran mahasiswa dalam memelihara dan menjaga negeri ini dari berbagai ancaman.

Kegiatan yang berlangsung di lantai dasar Masjid Ilaikal Masir Majene ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Majene, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 1401, Rektor Unsulbar dan tamu undangan lainnya. (Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan