oleh

Samdhana Institute Dukung Pemimpin Muda yang Memiliki Gagasan Cerdas

BULELENG – Celebesta.com, Para Pemimpin Muda yang mengikuti Jambore Nusantara III dan Konferensi Pemuda Asia Tenggara II yang digelar di Bali sejak 20 Agustus 2023 akan kembali ke wilayah masing-masing. Kegiatan yang melibatkan 132 peserta dari Asia Tenggara itu akan berakhir hari ini, Jum’at (25/08/2023).

Ita Natalia, Kepala Pengembangan Kapasitas Mitra Samdhana institute Indonesia saat ditemui Celebesta.com, Kamis (24/08/2023) mengatakan bahwa momentum Jambore adalah mengumpulkan semua pemimpin muda, termasuk Pemimpin Perempuan untukĀ  berbagi pengalaman dan mengambil pembelajaran.

Menurut Natalia, Jambore tersebut bertujuan untuk mengembangkan ide-ide baru terkait bagaimana cara masyarakat adat dan komunitas lokal menghadapi perubahan iklim yang terjadi saat ini.

“Kembalinya dari pertemuan ini diharapkan mereka berbagi cerita dan pengalaman kepada komunitasnya termasuk kepada anak-anak muda di wilayahnya masing-masing,” ungkap Natalia.

Samdhana Institute juga berharap akan munculĀ  gagasan-gagasan cerdas dan baik yang dipraktekkan karena hal itu berguna saat mereka menjadi pemimpin di masa depan.

“Harapannya adalah ini menjadi satu langkah pengembangan kapasitas dan juga kreatifitas dari para pemimpin muda, tidak berhenti belajar menyebarkan jejaring diantara mereka sendiri akan tetapi meluas di Asia Tenggara,” harapnya.

Lanjut Natalia, karena ini adalah satu kegiatan rutin dari unit pengembangan kapasitas Samdhana Institute maka jejaring-jejaring ini akan dicatatkan dalam Samdhanapedia.

Samdhana Institute akan mengikuti langsung atau tidak langsung perkembangan orang-orang muda yang ikut dalam Jambore Nusantara III dan Konferensi Pemuda Asia Tenggara II ini.

“Tidak ada janji khusus, akan mendapatkan dukungan atau tidak dari program tetapi ketika mereka muncul dengan gagasan-gagasan baik biasanya itu adalah bagian penting bagi Samdhana Institute untuk melihat dan mendukung peran pemimpin muda itu. Kami akan menjaga informasi dan jejaring diantara mereka dan kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas,” terang Natalia. (Foldi/AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan