oleh

Komisi Informasi Sulteng Sebut Keterbukaan Informasi Merupakan Mandat UU

Celebesta.com – PALU, Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah (KI Sulteng) mengadakan kegiatan dengan tema Menggapai Sulteng Informatif, Sabtu (3/12/2022).

Menurut H Abbas H Rahim selaku ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan bahwa tema kegiatan tersebut merupakan cita-cita komisi informasi Sulteng dimana menjadi multi bagi komisi informasi dalam melaksanakan kerja dan tupoksi setiap harinya.

“Dmana diketahui bahwa komisi informasi diberikan mandat oleh undang-undang untuk menjalankan undang-undang keterbukaan informasi,” jelasnya.

Kata Abbas yang dimaksud mandat tersebut diantaranya adalah mendorong keterbukaan informasi di Sulawesi Tengah melalui monitoring dan evaluasi kepada semua badan publik kepemerintahan.

“Badan publik pemerintah di antaranya di tingkat provinsi mulai dari PPID utama atau atasan dari PPID utama dalam hal ini Sekretaris Provinsi (SEKDA) Sulteng maupun OPD di semua Dinas, begitu pula PPID yang berada di Kabupaten/Kota yang ada di Sulteng termasuk PPID yang berada di setiap Desa,” tegasnya.

Dari jumlah desa yang ada di Sulawesi Tengah komisi informasi Sulteng sudah memberikan surat edaran.

“Untuk menjalankan informasi keterbukaan publik di dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari karena desa juga merupakan badan publik dan juga merupakan salah satu yang menerima anggaran dari APBN melalui Dana Desa (DD), itulah yang kita inginkan kepala-kepala desa dalam mengelola anggaran tersebut secara terbuka dan transparan,” ungkapnya.

Sutrisno Yusuf selaku ketua bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik menambahkan bahwa tugas utama Komisi Informasi ialah menjalankan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Alhamdulillah untuk periode ini 2021-2025 kurang lebih satu tahun 2 bulan bekerja Komisi Informasi sudah menangani 11 kasus dari berbagai badan PB maupun kabupaten/kota,” tutupnya. (Foldi)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan