oleh

KPA-ST Kecam atas Intimidasi Terhadap Petani Batui dan Batui Selatan

Celebesta.com – PALU, Koordinator Wilayah Konsorsium Pembaruan Agraria Sulawesi Tengah (KPA-ST), Doni Moidady mengecam tindakan intimidasi yang dilakuakn oleh PT. Sawindo Cermerlang terhadap Petani Sawit Kecamatan Batui dan Batui Selatan.

“Kami mengecam tindakan represif serta intimidasi yang dilakukan oleh anak perusahaan Kencana Agri Group tersebut” tegas Doni melalui rilis diterima Celebesta.com, Jumat (20/5/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah seharusnya berpihak untuk melindungi hak-hak konstitusional warga negara. Karena jika pemerintah daerah tidak serius menyelesaikan konflik yang terjadi antara pihak perusahaan dan petani penggarap yang memiliki alas hak sertifikat dan SKPT, ini akan memperpanjang konflik agraria dan mengganggu ekonomi warga yang bergantung pada komoditi kalapa sawit.

“Hal ini juga akan memberi ruang kepada pihak perusahaan untuk mengintimidasi pihak petani penggarap (plasma),” tambahnya.

Alumni Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung dan bersolidaritas terhadap aksi dan tuntutan yang dilakukan oleh petani sawit yang tergabung dalam Front Petani Batui Lingkar Sawit. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan