oleh

AMAN Dukung Pengembangan Pendidikan Adat di Pu’untana Kabupaten Donggala

Celebesta.com – DONGGALA, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulteng mendukung pengembangan Pendidikan Adat di Dusun Pu’untana, Desa Powelua, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Asran Dg. Patompo, Ketua BPH AMAN Sulteng usai menyerahkan bantuan kepada Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Nggolo mengatakan bahwa pentingnya pendidikan adat sebagai bagian yang utuh untuk menjaga wilayah adat.

“Pendidikan adat itu penting sekali tujuannya adalah menjaga, mempertahankan wilayah adat,” kata Asran, kepada celebesta.com, Rabu (16/3/2022).

Dirinya juga mengatakan bahwa pendidikan adat adalah solusi agar pengetahuan lokal bisa dipelajari kembali.

“Pada prinsipnya pendidikan adat itu berakar pada budaya jadi dalam proses itu ada transfer pengetahuan,” ungkap dia.

“Pengajar bisa para tetua adat yang ada di komunitas adat sehingga melalui pendidikan adat bisa mempertahankan dan membudayakan hak atas kekayaan intelektual masyarakat adat,” terang dia.

Sementara itu, Larota, Divisi Pendidikan Adat dan Kebudayaan BPAN Nggolo mengatakan bahwa dukungan AMAN Sulteng berupa alat tulis dan buku sangat bermanfaat dan bisa digunakan dengan baik.

“Pendidikan adat yang kami lakukan selama ini pendekatannya tepat dengan membaca, menulis dan menghitung sehingga apa yang diberikan oleh Pak Asran tetap sekali,” kata Larota.

“Semoga ke depan akan banyak gerakan-gerakan pendidikan adat yang bertujuan untuk pemajuan kebudayaan,” ungkap dia. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan