oleh

JPN Jadi Cikal Bakal Petani Milenial di Sulteng

Celebesta.com – PALU, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Sulawesi Tengah, Trie Iriani Lamakampali telah menerima kunjungan dari Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan Wilayah provinsi Sulawesi Tengah yang tergabung dalam pengurus Jaringan Pertanian Nasional (JPN) didampingi oleh Kepala Bidang Penyuluhan Muh. Adam, Jumat (01/10/2021) di Kota Palu.

Berdasarkan Rilis yang diterima Celebesta.com bahwa pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Batang Kaluku perihal pendataan JPN sebagai bagian dari kegiatan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP Kementan RI dalam mengimplementasikan upaya Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dalam menumbuhkan 2.5 juta petani milenial di Indonesia.

“Pengurus JPN ini nantinya bisa aktif berperan dalam kegiatan usaha pertanian mulai dari budidaya sampai kepada pengolahan dan pemasaran hasil/hirilisasi serta membentuk korporasi usaha dengan memanfaatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR),” terang Trie Iriani.

Serta, lanjutnya dapat mengembangkan usaha online start up dengan bergabung pada beberapa aplikasi pemasaran sistim online yang ada. Disamping itu pula diharapkan para pengurus JPN yang juga sebagai pengusaha/petani milenial dapat mengupayakan lebih banyak lagi menggalang minat para generasi muda dalam berusaha tani agribisnis di Provinsi Sulawesi Tengah.

dirinya juga menyampaikan akan melibatkan pengurus JPN dalam kegiatan Bimtek dan pasar tani yang akan dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun yang hadir dalam pertemuan itu, Zabir SP selaku ketua JPN, Sekretaris, Ici Arfanika dan Bendahara Anita Sulistiani.

Pada pertemuan itu, Zabir, Ketua koordinator wilayah (Korwil) Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan Sulawesi Tengah menyampaikan rencana pendataan personil JPN.

“Rencana pembentukkan pengurus Komisariat Daerah masing-masing Kabupaten/Kota sebagai salah satu tujuan dikukuhkannya Duta Milenial yakni resonansi 220 mitra dan kawan tani per wilayah kabupaten/kota yang tergabung dalam JPN,” tutup Zabir. (AS/Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan