oleh

Nelayan Teluk Palu Keluhkan Lampu Penerangan 

Celebesta.com – PALU, Sejumlah nelayan teluk Palu mengeluhkan kondisi tempat penyimpanan perahu yang gelap gulita karena tidak adanya sarana penerangan ketika malam hari, di Jalan Cumi-Cumi, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Diketahui, setiap harinya puluhan perahu nelayan sandar di dekat tanggul laut. Salah satu nelayan, Ahyar (41) mengaku sulit melihat arah pulang ketika di malam hari tanpa adanya bantuan penerangan ketika pulang melaut.

“Ada lalu nelayan disini, lantaran sudah buru-buru kembali karena ada angin, dia tabrak sudah batu karena sudah tidak dilihat jalan masuk tempat ba simpan perahu,” kata Ahyar dengan dialek khas Palu.

Lanjut Ahyar, dirinya kadang tidak turun melaut dikarenakan saat ini hujan tak kunjung reda di Kota Palu.

“Kalau hujan pagi hari saya tidak turun,” kata Ahyar saat ditemui Celebesta.com di Jalan Cumi-Cumi, Kelurahan Lere, Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga: Rindu akan Perubahan, Nur Efendi Siap Maju Pilkades Polo Pangale

Jika cuaca bagus, Ahyar menyebut bisa mendapatkan pemasukan ulai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun jika cuaca buruk dan angin kencang, dirinya tidak mendapatkan apa-apa.

“Kalau musim angin itu semua nelayan tidak turun, ini Alhamdulillah ada di dapat, biasanya tidak ada sama sekali,” ungkapnya.

Menurutnya, cuaca di Kota Palu sudah hampir sebulan kurang bersahabat bagi para nelayan. “Iya betul, sudah sebulan kurang bagus cuaca ini,” ujar Ahyar.

Berdasarkan data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), prakiraan cuaca di Kota Palu, tanggal 4 September 2021, berikut:

Pukul 08:00 Wita terdapat cuaca berawan, suhu udara 23°C, kelembapan udara 90% dengan kecepatan angin 0 knot. Pukul 11:00 Wita cuaca hujan ringan, suhu udara 24°C, kelembapan udara 90% dan kecepatan angin 0 knot.

Kemudian pukul 14:00 Wita cuaca hujan sedang, suhu udara 25°C, kelembapan udara 85%, kecepatan angin 0 knot. Pukul 17:00 Wita, cuaca hujan ringan, suhu udara 23°C, kelembapan udara 100%, kecepatan angin 0 knot.

Selanjutnya, pukul 20:00 Wita cuaca berawan, suhu udara 22°C, kelembapan udara 100%, dan kecepatan angin 0 knot.

Untuk mengakses informasi lebih lengkap, seperti mengenai prakiraan cuaca Palu selama seminggu ke depan, dapat mengakses melalui situs bmkg.go.id. (JUM)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan