oleh

Tanah Amblas Berbentuk Aliran Sungai Membuat Warga Panik

Celebesta.com – MAMUJU, Tanah amblas disamping pondasi rumah warga, Senin (19/7/2021) malam membuat warga sekitar panik.

Mengingat kejadian gempa melanda Mamuju yang membuat warga panik dan takut, bahkan sampai saat ini masyarakat masih trauma. Pasca gempa Mamuju hingga kini dalam tahap perbaikan rumah.

Sebelumnya pada tanggal 18 Juli, pukul 20:00 Wita warga digegerkan dengan adanya kejadian tanah amblas yang berbentuk sungai disekitar pondasi masyarakat di Dusun Limbeng, Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju.

Menurut kesaksian pemilik rumah, Yusuf (30) waktu itu sedang membersihkan sisa puing-puing rumah bersama iparnya Naswar (16) disamping pondasi untuk dijadikan timbunan rumah.

Kata Yusuf, pada saat itu mengangkat sisi-sisa batu bata bercampur tanah menggunakan skop dan mendengar ada aliran air di tanah sehingga bertanya di samping rumah sambil membersihkan sisa-sisa material.

“Apakah ada bekas sumur disekitar rumah ini, tetangga menjawab tidak ada sehingga saya mengatakan kenapa ada kedengaran air di dalam tanah,” jelas Yusuf dengan nada tanya.

Lanjutnya, tidak lama dari itu kaki iparnya tenggelam sampai mata kaki sehingga kami mundur dari tanah yang sudah amblas dan berbentuk lubang. “Kami melihat ada air dalam lubang sehingga kami lari keluar,” tutur Yusuf.

Tanah amblas sekitar 1,5 meter persigi dengan kedalaman sekitar 4 meter dan ketinggian air dalam lubang sekitar 2 meter serta airnya mengalir terus.

“Kami tidak tau sampai di mana mata airnya yang jelas rumah yang ukuran 6×6 itu terpotong aliran air. Sehingga tidak memungkinkan lagi rumah diperbaiki, apalagi sekarang dalam tahap perbaikan rumah,” ungkapnya.

Melihat kondisi rumah yang di bawahnya ada lubang yang airnya mengalir terus tidak mungkin lagi kami mau tempati.

“Kami berharap dari pemerintah, agar bisa mencarikan solusi untuk tanah perumahan baru, karena tanah perumahan ini satu-satunya kami miliki,” harapnya. (Ardi)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed