oleh

Kemendag: Potensi Ekspor Produk Jasa Kreatif Sangat Besar

Celebesta.com – JAKARTA, Produk jasa menjadi perhatian serius Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai komoditas ekspor. Untuk itu, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag tandatangan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama dengan    empat asosiasi jasa kreatif di Jakarta.

Keempat asosias tersebut yaitu Asosiasi Game Indonesia (AGI), Asosiasi Komik Indonesia (AKSI), Asosiasi Industri Licensing Merchandising Indonesia (ALMI), serta Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI). Penandatanganan dilakukan oleh Dirjen PEN, Didi Sumedi dengan Ketua AGI, Cipto Adiguno, Chairman AKSI Sunny Gho, Chairman ALMI Handari Kunti, dan Sekretaris Jenderal AINAKI Eka Chandra.

“Kerja sama ini merupakan upaya mendorong ekspor jasa kreatif Indonesia ke pasar global. Kemendag memberikan perhatian khusus kepada pengembangan jasa kreatif. Sebab, kami melihat jasa kreatif sangat potensial masuk di pasar global,” kata Dirjen PEN, Didi Sumedi melalui keterangan tertulisnya, Senin (21/6/2021).

Didi menjelaskan, kerja sama ini berisi komitmen Kemendag dan asosiasi kreatif Indonesia dalam pertukaran informasi, fasilitasi promosi produk, penguatan basis data (database), peningkatan kapasitas, dan penyediaan infrastruktur bisnis bagi para pelaku industri jasa kreatif.

Lanjutnya, komitmen ini akan diwujudkan dengan rencana pembangunan platform business to business (b2b) sebagai media promosi dan ajang pertemuan bisnis antara pelaku jasa kreatif di dalam dan luar negeri.

“Platform yang akan dibangun dapat memudahkan Kemendag dalam proses verifikasi perusahaan yang akan dilibatkan dalam kegiatan promosi. Selain itu, platform tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait pengembangan ekspor disektor jasa kreatif. Sebab, nantinya akan ada fitur yang menyediakan data buyers atau investor dan data transaksi yang sedang berlangsung maupun yang telah selesai,” imbuh Didi.

Sementara itu, Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu dukungan nyata pemerintah kepada pelaku jasa Indonesia, khususnya jasa kreatif.

Menurut Marolop, sektor jasa tidak dapat lepas dari seluruh lini perdagangan, terutama ekspor. Jasa adalah salah satu sektor yang memiliki kontribusi dalam peningkatan ekspor.

“Sudah seyogyanya sektor jasa menjadi perhatian dan mendapatkan dorongan untuk berkembang. Sehingga, dapat menjadi produk ekspor yang berdaya saing di pasar global,” pungkas Marolop. (*)

Editor: Malik A

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan