oleh

Gubernur Sultra Saksikan Ekspor Biji Mete di Awal Tahun 2021

Celebesta.com – KENDARI, Gubernur Sulawesi Tengggara (Sultra), Ali Mazi menyaksikan pelepasan perdana biji mete diawal tahun 2021 untuk memberikan dukungan dan mendorong penuh terhadap upaya peningkatkan ekspor.

Kepala Karantina Pertanian Kendari, N. Prayatno Ginting mengaku, pihaknya mencatat volume biji mete yang melalui Makassar maupun Surabaya di tahun 2020 mencapai 15,6 ribu ton dengan total nilai Rp 80,13 miliar.

Selain Kabupaten Buton Utara, terdapat kabupaten lainnya di Sultra yang memiliki potensi ekspor biji mete.

“Penghasil mete di Sultra hampir seluruh kabupaten, khususnya jazirah Muna dan Buton, harapannya juga bisa diekspor. Dengan gerakan tiga kali ekspor pertanian yang digagas Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) kami siap untuk memfasilitasi petani biji mete untuk menangkap pasar ekspor yang lebih besar lagi,” jelas Prayatno melalui keterangan tertulis, Jumat, (15/1/2021).

Program Gratieks merupakan upaya meningkatkan ekspor pertanian yang dikomandani Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil.

Melalui gerakan ini, Kementan bersama-sama dengan berbagai entitas menargetkan nilai ekspor meningkat tiga kali lipat hingga tahun 2024.

“Ini tidak boleh berhenti, harus berjalan terus, gali terus potensi ekspor komoditas pertanian Indonesia agar produk pertanian kita lebih luas lagi jangkauannya di pasar internasional,” pungkas Junaidi.

Editor: Malik A

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan