oleh

Mulai Januari, Tenaga Medis di Vaksin Covid-19

Celebesta.com – PALU, Vaksin Covid-19 untuk Sulawesi Tengah telah diterima sejak beberapa hari yang lalu. Rencananya mulai Januari sampai April 2021, sudah akan dilakukan vaksinasi kepada tenaga medis dan pelayan publik.

“tenaga kesehatan dulu untuk bulan Januari sampai April, disitu juga mungkin ada pekerja publiknya, kemudian maret sampai tahun berikutnya menyusul masyarakat umum,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, K.Adi Sujendra saat dihubungi Celebesta.com melalui telephone, Jumat (8/1/2021).

K.Adi Sujendra mengatakan terkait persoalan apakah vaksin ini aman, yang berwenang untuk menilai itu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan pihaknya mesih menunggu hasil yang pengumuman dari BPOM.

“Covid-19 ini penyakit yang menular dari orang ke orang, untuk mencegah rantai penularan itu selain 3M, 3T, dan di komplet kan dengan upaya vaksinasi. Upaya vaksinasi itu tujuanya menciptakan kekebalan pada masing-masing individu terhadap Virus Covid-19”, urainya.

K.Adi Sujendra menyampaikan bagi masyarakat yang sudah terpapar Covid-19 belum menjadi sasaran prioritas penerima vaksinasi, dan masih menunggu keputusan lebih lanjut.

“Tetapi yang sudah terpapar Covid-19 tidak di prioritaskan untuk di vaksinasi dulu, dan yang harus di prioritaskan itu yang belum terpapar,” imbuhnya.

Sasaran penerima vaksinasi, lanjut K.Adi Sujendra, masyarakat yang berusia 18-59 tahun, sedangkan usia lanjut 60 tahun keatas itu masih dalam uji klinis, demikian pula untuk ibu hamil dan yang menyusui belum menjadi sasaran vaksinasi.

“Nanti di pos Vaksinasi di tingkat kabupaten dan kecamatan, serta Puskesmas, sebelum di vaksin, mereka (masyarakat) ditanya lagi kondisi fisiknya, riwayat-riwayat penyakit yang di derita, dan periksa tensinya, dilihat semua baru diberikan vaksinasi, pungkasnya.

Reporter : Rauf

Editor : Unding

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed