oleh

Kecelakaan Pekerja Kembali Terjadi di PT. IMIP

-Daerah-83 views

celebesta.com – Palu, Kecelakaan kerja berujung kematian kembali terjadi di PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), (18/11). Dari info via komunikasi WhatsApp, kecelakaan tersebut dialami oleh buruh berinisial IK yang bekerja di bagian Mekanik Umum DSS. Korban tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kejadian naas itu terjadi saat korban hendak bekerja memperbaiki Pipa Oksigen. Dari video yang beredar, terlihat korban tersandar tidak sadarkan diri setelah benturan keras yang terjadi di bagian kepala yang menyebapkan pendarahan.

Hal ini tentu kabar buruk untuk para kelas buruh, di mana untuk kesekian kalinya, buruh perusahaan harus menemui ajal di tempat ia mencari nafkah.

Ini tentu menjadi PR berat untuk pihak perusahaan, di mana sampai hari ini kelas pekerja masih terus rentan mengalami kecelakaan.

Felix Torae Rore, maneger kampanye Yayasan Tanah Merdeka (YTM) mengucapkan bela sungkawa dan turut perhatian akan kejadian tersebut.

“Kejadian ini tentu menyedihkan untuk kelas buruh yang berada di PT. IMIP, karena untuk kesekian kalinya terjadi lagi kecelakaan yang berujung maut”, jelas Felix saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

Felix juga menyayangkan kepada pihak perusahaan yang tidak menerapkan dengan baik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang disebutkan dalam Pasal 86 ayat (1), huruf a, UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“PT. IMIP, tentu lalai dalam memberlakukan keselamatan kerja bagi buruh-buruhnya, hal ini cukup disayangkan sebab industri tersebut merupakan salah satu industri pertambangan terbesar di Indonesia yang memperkerjakan Puluhan ribu Manusia”, lanjutnya.

“Terkait korban yang mengalami kecelakaan, pihak perusahaan harus wajib menanggung semua biaya santunan yang sudah dijelaskan dalam perundang-undangan”, tutup Felix.

Sumber: Ricard Labiro

Editor: Redaktur

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed