oleh

Gempa 5,8M, 27 Rumah Warga Orobatu Rusak dan Ratusan Warga Mengungsi

Celebesta.com – MAMUJU, Sebanyak 27 rumah warga di Desa Orobatu rusak, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju akibat diguncang gempabumi 5,8 magnitudo yang terjadi pada pukul 13,32 Wita. Selain itu warga di desa tersebut memilih mengungsi karena khawatir gempa susulan.

Sekertaris Desa Orobatu, Mardi mengatakan berdasarkan data sementara yang dihimpun jumlah rumah masyarakat yang rusak akibat guncangan gempa mencapai 27 rumah, dan saat ini pendataan kerusakan rumah setiap dusun di desa Orobatu belum rampung dilaporkan ke Pemerintah Desa.

“belum selesai dilakukan pendataan setiap dusun, namun data sementara yang masuk ke kami sudah sekitar 27 rumah masyarakat yang rusak, namun kerusakannya ringan, karena hanya retak-retak,” kata Mardi kepada celebesta.com via whatshap, Rabu malam (8/6).

menurut Mardi, akibat gempa yang terjadi, banyak masyarakat yang mengungsi ke daerah ketigian, karena khawatir terjadi gempa susulan dan tsunami. Walaupun ada juga masyarakat yang memilih tidak mengunsi, tapi tetap berada diluar rumah,

“masyarakat yang mengungsi ke gunung kebanyakan masyarakat yang rumahnya di sekitar pinggir laut, kalau masyarakat yang rumahnya jauh dari laut hanya tinggal diluar rumah,” ujarnya.

Mardi menuturkan masyarakat yang mengunsi dengan mendirikan tenda-tenda di daerah pengungsian, dan juga yang tinggal dirumah-rumah kebun masyarakat.

Ditanya kebutuhan yang diperlu para pengungsi, Mardi menyebutkan kebutuhan yang mendesak adalah tenda, obat-obatan dan kebutuhan bayi seperti, susu dan popok bayi. (Und)

 

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan