oleh

Khawatir Gempa Susulan, Warga Mengungsi

Celebesta.com – MAMUJU, Gempabumi 5,8 magnitudo di wilayah pantai barat Mamuju membuat warga memilih mengungsi, karena khawatir akan terjadinya gempa susulan seperti yang terjadi pada 15 Januari 2021 yang mengakibat dampak kerusakan bangunan dan menelang korban jiwa.

Amrin salah seorang warga Mamuju mengatakan memilih mengungsi bersama keluarga ke Stadion Manakarra Mamuju, karena khawatir terjadinya gempa susulan seperti tahun lalu.

“Saya lebih baik mengungsi lebih awal, karena jangan sampai ada gempa susulan seperti tahun lalu, kita anggap tidak akan terjadi apa, tapi tengah malam ada gempa susulan yang lebih besar,” ujarnya kepada celebesta.com saat ditemui di lokasi pengungsian Stadion Manakarra, Rabu (8/6/2022).

Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud mengatakan saat ini ada tiga titik lokasi pengungsian yaitu di Stadion Manakarra, di jalan Jalur 2 Mamuju depan kantor BPS Mamuju, dan di Kantor Bupati Mamuju.

“Distadion Manakkar ini yang paling banyak masyarakat mengungsi, dan kita bisa pahami kondisi masyarakat yang mungkin masih trauma pada gempat tahun 2021,” kata Ado Mas’ud di Stadion Manakarra Mamuju saat melakukan peninjauan.

Ado sapaan akrab wakil Bupati Mamuju menambahkan untuk membantu masyarakat di lokasi pengungsian, pemerintah Kabupaten Mamuju telah menerjunkan BPBD, Tagana, PMI untuk membantu masyarakat dalam menyediakan air bersih, dan kemunkinan akan membuat dapur umum.

Sementara terkait data kerusakan atau korban yang ditimbulkan akibat gempa, Ado mengatakan saat ini BPBD Mamuju masih sedang melakukan assesment untuk mengumpulkan data kerusakan ataupun korban. (Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan