oleh

Traffic Light di Tolitoli Rusak Akibat Hantaman Banjir

Celebesta.com — TOLITOLI, Salah satu traffic light (lampu merah) yang berada di perempatan jalan Usman Binol Bank BNI 46 tidak berfungsi akibat hantaman banjir beberapa tahun lalu sehingga rusaknya perangkat yang ada pada delapan buah traffic light tepatnya di Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli.

Sebelumnya, Ahmad Pombang selaku LSM Bumi Bakti meminta agar Dinas terkait harus mengambil langkah cepat untuk melakukan perbaikan pada traffic light di sana sehingga kecelakaan setidaknya bisa dihindari.

“Saya minta Bupati untuk memanggil dan menegur Dinas Perhubungan agar secepatnya dilakukan perbaikan traffic  light di perempatan Jalan Usman Binol,” jelas Ahmad Pombang dalam keterangan tertulis yang diterima Celebesta.com, Rabu (26/1/2022).

Ahmad Pombang membeberkan beberapa hari lalu terjadi kecelakaan tabrakan sesama pengendara roda dua tepat di lokasi tersebut.

“Waktu itu terjadi tabrakan di perempatan dan pas saya berada di lokasi kejadian akibatnya kedua pengendara sama-sama luka di bagian tangan, untungnya tak terjadi kecelakaan beruntun di sana,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Darat Dinas Perhubungan, Afandi Dg.Silasa mengatakan, tidak berfungsinya lampu merah tersebut sejak Tahun 2021 dan salah satu sebab rusaknya perangkat yang ada pada delapan buah traffic light akibat hantaman banjir beberapa tahun lalu sehingga sampai sekarang tidak berfungsi.

“Ada sistem yang rusak pada Traffic light itu, sehingga ikut berdampak pada komponen lainnya dan akhirnya mati total,” jelas Afandi kepada Celebesta.com saat di hubungi Via chat Whatsapp, Rabu (26/1/2022).

Dikatakan keberadaan traffic light itu sudah lama, setahunya sejak Tahun 2006 diadakan oleh Pemda dan nanti Tahun 2021 baru terjadi kerusakan.

Menurutnya jika diganti secara keseluruhan (diadakan traffic light) yang  baru tentunya bisa menelan dana sedikitnya Rp. 500 juta.

“Untungnya usulan kita dalam hal perbaikan untuk  pengadaan perangkat trafik light tahun ini disetujui dan tinggal menunggu dananya,” katanya.

Afandi berharap kepada pengguna jalan khususnya pemotor untuk saat ini lebih berhati-hati saat melintas di perempatan jalan Usman Binol agar tidak terjadi kecelakaan.

“Sembari menunggu komponen traffic light yang baru untuk di pasang tahun ini, kami harap pengendara bersabar sesaat,” ungkapnya. (Jum)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan