oleh

Harga Cabai Turun, Harga Ikan Melonjak

Celebesta.com — PALU, Harga cabai di pasaran sudah berangsur turun. Harga cabai rawit yang tadinya mencapai Rp 60 -70 ribu per Kilogram (Kg) kini sudah kembali turun ke Rp 27ribu per kg, sementara harga ikan terus meranjak naik hingga menyentuh harga Rp 1,4 juta perbox di Pasar Inpres, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ece (45) salah satu pedangan di Pasar Inpres mengatakan, harga cabai rawit sudah berangsur turun setelah tadinya menyentuh harga Rp 60-70 ribu per kg.

“Kalau sekarang harganya itu per kg dengan tangkainya sudah turun jadi Rp 27 ribu per kg,” ujar Ece saat di temui media Celebesta.com, Rabu (12/1/2022).

Kata Ece, sejak 2 hari lalu harga cabai sudah turun yang sebelumnya naik ketika menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Turunya itu tidak menentu, 2 hari yang lalu turun dari harga Rp 60 ribu per kg ke Rp 30 ribu per kg, sedangkan hari ini dari harga Rp 30 ribu/kg turun ke harga Rp 27 ribu per kg,” jelasnya.

Ia menilai penyebab harga cabai yang sempat merangkak naik akibat musim hujan.

“Akibat hujan terus maka harga cabai naik karena cabai pun mudah busuk,” katanya.

sementara Darmadi (52) salah satu penjual ikan di Pasar Inpres, sejak kemarin harga ikan kembali naik.

“Sebelumnya harga ikan cakalang perbox itu Rp 800 ribu, sekarang naik jadi Rp 1 juta, kalau ikan katombo naik jadi Rp 1,4 juta perbox yang harga sebelumnya itu Rp 1,1 juta,” ungkapnya.

Lanjut, Darmadi harga yang di jual ke masyarakat itu tergantung dari berapa isi ikannya perbox.

“Kalau isinya 300 ekor yah nanti kita hitung lagi berapa yang harus di jualkan per ekornya ke pembeli, tapi biasanya itu kita jualkan Rp 3 sampai Rp 4 ribu per ekor,” jelasnya.

Menurut Darmadi, penyebab kenaikan harga ikan dikarenakan faktor cuaca yang tidak menentu.

“Ikan mahal itu karena faktor cuacanya,” pungkasnya. (Jum/Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan