oleh

Maju Pilkades, Tagline Kuat Jadi Visi Ardi Perjuangkan Takandeang Lebih Berkembang

Celebesta.com – MAMUJU, Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mamuju, Porvinsi Sulawesi Barat sudah berjalan, saat ini sudah memasuki masa kampanye, termasuk di Desa Takandeang. Pilkades di Desa Takandengan di ikuti oleh tiga calon, satu diantaranya Ardi, B.

Ardi sapaan pemuda yang lahir pada 23 tahun lalu ini mengatakan maju pada Pilkades Takandeang adalah desakan beberapa tokoh masyarakat, dan secara moral terpanggil untuk membangun desa agar lebih berkembang.

“Awalnya saya tidak terpikir untuk maju mencalonkan diri jadi kepala desa, tapi karena beberapa tokoh masyarakat di Desa Takandeang selalu datang meminta saya maju dengan pertimbangan dan persoalan yang dia sampaikan sehingga saya akhirnya memutuskan untuk menyatakan bersedia, dan sebagai orang dan lahir di desa Takandeang, maka secara moral terpanggil untuk membangun desa ini agar lebih berkembang,” ujar Ardi, Jumat (17/12).

Menurut pria yang aktif kerja-kerja Kemanusian sejak Mahasiswa dan di Organisasi Non Pemerintah (Ornop) ini, menjadi kepala Desa bukanlah pekerja yang mudah, karena kita tidak hanya dituntut paham tentang ilmu pemerintahan, tapi juga harus sensitivitas terhadap dinamika social dan budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, karena dialah yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, olehnya itu kepala desa dituntut memiliki kekuatan ekstra.

“Mengapa saya menggunakan tagline “Kuat” karena untuk menjalankan aktifitas manusia harus memiliki kekuatan, baik itu kekuatan fisik, mental, spiritual, dan pengetahuan. Tidak mungkin orang akan mampu melaksanakan aktifitas, tanpa kekuatan, apalagi sakit-sakitan, maka roda pemerintahan tidak akan berjalan,” jelasnya.

Ardi menambahkan kata KUAT ini merupakan singakatan dari visi yang akan di jalankan ketika terpilih menjadi Kepala Desa Takandeang.  Terdiri dari Kreatif, Utilitas, Agama, dan Transparan. Kreatif ini bagaimana menciptakan Pemerintahan yang senantiasa melahirkan inovasi terhadap kemajuan Desa, kemudian, Utilitas bagaimanan dalam setiap pembangunan infrastruktur dan ekonomi harus tepat guna dan bedaya guna.

Selanjutnya, lanjuta Ardi, Agama, di Takandeang ini penduduknya semuanya beragama Islam, dan juga masih kental dengan adat, sehingga dibutuhkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi akhlakul karimah dan adat istiadat, dan terakhir adalah transparan, dalam setiap pelaksanan pemerintahan yang dilaksanakan harus secara partisipatif, transparan dan akuntabel.

“Untuk itu kita saya berharap pada pelaksanaan Pilkades di Desa Takandeang ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. Saya juga berharap kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, dan pilihlah pemimpin yang memiliki kekuatan, sehingga dia mampu menjalan pemerintahan yang diamanahkan kepada. Jangan memilih karena hanya di iming-imingi sesuatu,” harapnya. (Und)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan