oleh

Pt.PPMA Papua Asistensi Penyusunan RKP Kampung Kadam Tahun 2022

Celebesta.com – MAPPI, Dorong pemulihan ekosistem gambut dan revitalisasi ekonomi masyarakat, Perkumpulan terbatas untuk Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Adat Papua (Pt.PPMA) adakan pendampingan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kampung Kadam tahun anggaran 2022.

Asistensi penyusunan dokumen RKP itu berlangsung di Kantor Kampung Kadam Oyim, Distrik Obaa, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua pada Kamis 21 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 53 orang terdiri dari Kepala Kampung, Aparat Kampung, Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam), Ketua RT, perwakilan Dewan Gereja, Tokoh Pemuda, Lembaga Masyarakat Adat Kampung (LMA), serta Tokoh Perempuan.

Perwakilan dari Pt.PPMA hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa penyusunan RKP Kampung tahun 2022 merujuk pada Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

“Prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa melalui pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa. Program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan Desa,” jelasnya melalui keterangan tertulis diterima Celebesta.com, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Perusahaan Gugat Bupati Sorong, LMA Malamoi Gelar Sidang Adat 

Sementara itu, peserta yang hadir pada kegiatan tersebut dibagi dalam tiga kelompok untuk mendiskusikan bidang pertanian dan bidang peternakan.

Dari hasil paparan tiga kelompok disampaikan bahwa kendala yang dihadapi masyarakat Kampung Kadam saat ini adalah terkait pemasaran hasil-hasil pertanian dan hasil buruan seperti daging rusa, babi dan ikan.

Kendala berikutnya transportasi serta hewan-hewan ternak masyarakat sering kali masuk dan merusak kebun masyarakat sekitar.

“Saya sudah dengar yang tadi bapak dan ibu sampaikan, kalau kita sepakat, kita akan bentuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMKamp) agar bisa mengatasi masalah pemasaran dan transportasi,” kata Hilarius Tambagaimu, Kepala Kampung Kadam merespon hasil pembahasan kelompok.

Menutup kegiatan asistensi penyusunan RKP Kampung Kadam tahun anggaran 2022 yang didampingi Pt.PPMA, Kepala Kampung menambahkan, ternak ayam dan babi, kita akan coba masukkan pembuatan kandang. Kita harus bentuk BUMKamp karena rawa dan hutan masih banyak potensi.

“Ade-ade LSM nanti akan bantu kita untuk persiapkan dokumen-dokumennya, saya harap, minggu ini kita harus rapat dan kita pilih pengurus,” tutup Hilarius, Kepala Kampung Kadam Oyim. (FLY)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan