oleh

Vaksinasi Masyarakat Adat, AMAN Sulteng akan Gandeng Nakes

Celebesta.com – PALU, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Sulawesi Tengah (AMAN Sulteng) mendukung rencana Dinas Kesehatan Parigi Moutong (Parimo) melakukan vaksinasi pada masyarakat adat di lima kecamatan di Kabupaten Parimo.

Adapun lima kecamatan itu adalah Kecamatan Palasa, Tomini, Tinombo, Ongka, dan Kecamatan Kotaraya. Tekait vaksinasi tersebut, Ketua AMAN Sulteng, Asran Dg Patompo bersyukur akan adanya vaksinasi kepada masyarakat adat di Kabupaten Parimo.

“Jadi terkait vaksinasi di tingkat masyarakat adat tersebut, kami juga dari AMAN sangat bersyukur dari Dinas Kesehatan khususnya Kabupaten Parimo ada keinginan bagaimana masyarakat adat dapat divaksin,” ungkap Asran saat ditemui Celebesta.com di Rumah AMAN Sulteng, Kamis (16/9/2021) kemarin-red.

Asran mengatakan, hingga saat ini masih banyak masyarakat adat yang belum memahami soal vaksinasi. Sehingga, Asran berharap vaksinasi yang dilakukan Tenaga Kesahatan (Nakes) dari Dinas Kesehatan Parimo dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: AMAN Sekadau: Bahasa Lokal, Media Sosialisasi Covid-19 di Masyarakat Adat

“Karena masih banyak masyarakat adat yang belum divaksinasi, karena banyak juga pemahaman belum mengetahui soal vaksin, tapi kami juga berupaya agar berharap vaksin dari Nakes bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Saat ini, menurut Asran, Komunitas Masyarakat Adat di Kabupaten Parimo ada 7 komunitas yang terdiri dari Komunitas Masyarakat Adat Ta’a, Tara, Rai, Lauje, Taje, Tajio, dan Tialo.

“Untuk saat ini Komunitas Adat di Kabupaten Parimo kemarin ada 26 tetapi setelah kita identifikasi kembali ternyata tinggal 7 komunitas lewat dialegnya, termasuk komunitas Ta’a, Tara, Rai, Lauje, Taje, Tajio, dan Tialo,” terangnya.

Kata Asran, selama ini penanganan Covid-19 juga dilakukan AMAN kepada masyarakat adat dan antusian tersebut sangat besar. Bahkan, dalam waktu dekat AMAN Sulteng akan bekerjasama dengan Polri untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat adat di Sulteng.

“Dari AMAN sendiri untuk antusias penanganan Covid-19 di tingkat masyarakat sangat besar. AMAN juga bekerjasama dengan Polri untuk penanganan Covid-19 dan dalam waktu dekat kita bekerjasama dengan Nakes. Kami berupaya bagaimana Nakes dengan pengurus AMAN di tingkat daerah sama-sama sosialisasi di tingkat komunitas,” tutup dia. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan