oleh

Kisah Insipiratif, Ici Arfanika Owner Keripik Asbal

Celebesta.com – PALU, Keripik Asbal belakangan mulai dikenal di Kota Palu dan sekitarnya. Usaha Mikro ini berdiri sejak 2017 silam. Ici Arfanika (29) kala itu dengan seorang sahabatnya membuka usaha ini dilatarbelakangi sulitnya lapangan pekerjaan.

“Waktu itu saya dan Siti Hadra berinisiatif untuk buka usaha ditengah kondisi kami yang belum memiliki penghasilan tetap,” kata Ici kepada Celebesta.com, Selasa (13/7/2021).

Menurut Ici sapaan akrabnya, saat itu dirinya baru saja menyelesaikan salah satu pekerjaan sebagai pendamping penyuluh pertanian pada Program Kementerian Pertanian. Agar tidak menganggur maka ia mendirikan usaha itu.

“Sudah selesai kontrak di pertanian dan Hadra sebagai guru honorer yang belum tentu gajinya,” jelasnya.

Mantan Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu hingga saat ini beberapa mahasiswa Asrama Balaesang (Asbal) yang diberdayakan di usahanya tersebut.

“Awal berdiri saya dan Siti Hadra, seiring berjalan dan berkembang kami punya tim dengan memberdayakn anak-anak mahasiswa,” ungkap Ici.

Untuk memesan oleh-oleh Khas Palu, kata Ici bisa melalui akun Facebook Kripikpisang Asbal Palu dan Instagram Kripikpisang Asbal Palu atau via WhatsApp 085243384090 atau bisa juga datang langsung ke rumah produksi dan pemasaran Jalan Cut Nyak Dien, Kota Palu.

Kemudian Ici juga mengatakan bahwa saat ini keripik Asbal dengan bahan bakunya dari pisang tanduk.

“Kelebihannya gurih, renyah dan tanpa pengawet yang menjadi varian andalan adalah varian gula merah menggunakan gula aren asli dari kampung halaman,” terang dia.

Sebagaimana diketahui Ici Arfanika berasal dari Pantai Barat, Kabupaten Donggala. Selain memiliki usaha keripik Asbal, perempuan kelahiran Labean 22 Agustus 1991 itu  diketahui belum lama ini menyelesaikan S2 Jurusan Agribisnis, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako.

“Selama kuliah Alhamdulillah tidak ada hambatan dalam membagi waktu,” imbuh dia.

Dirinya juga berpesan agar anak muda mampu bersaing dengan berbagai tantangan yang ada saat ini.

“Agar tidak menganggur maka anak muda harus membuka usaha, tujuannya untuk membuka lapangan pekerjaan. Kalau belum bisa untuk orang banyak setidaknya untuk diri sendiri,” harap dia. (AS)

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed