oleh

Kelurahan Yabansai, BEM FMIPA dan UKM-MAPALA Uncen: 1000 Pohon untuk Masa Depan Pu Anak Cucu

Celebesta.com – JAYAPURA, Kawasan Kampwolker yang berada di Perumnas 3 Waena merupakan kawasan penyangga dari hutan Cycloop. Kawasan hutan ini lambat laun mulai terancam dengan adanya berbagai aktifitas. Dengan demikian sangat berdampak pada terganggunya kawasan hutan disekitar sungai tersebut.

Pemerintah Kota Jayapura, dalam hal ini diwakili oleh Kelurahan Yabansai, BEM FMIPA Universitas Cenderawasih (Uncen) dan UKM-MAPALA Uncen berkolaborasi dengan menggelar kegiatan penanaman 1000 pohon di dua titik, yakni Kawasan Kampwolker Waena dan Kampus Uncen atas – Perumnas 3 Waena.

Kegiatan penanaman ini dibuka langsung oleh Ir. H Rustan Saru, MM selaku Wakil Walikota Jayapura, dan dihadiri Bobby J E Awi S.STP M.Si, Kepala Distrik Heram  dan Luis Mebri, S.Ip Lurah Yabansai serta 100 orang peserta terlibat dalam penanaman 1000 pohon.

Saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Sabtu (17/4/2021), Luis Mebri mengatakan lokasi yang dijadikan sasaran penanaman saat ini karena kawasan Kampwolker merupakan salah satu daerah pemasok air bersih bagi masyarakat Kota Jayapura.

Di sisi lain, keberadaan kawasan ini terancam dengan adanya kegiatan penggundulan hutan yang dilakukan secara masif oleh masyarakat sekitar dengan alasan berkebun, dan lain-lain untuk memenuhi ekonomi rumah tangga mereka.

“Sekarang lagi musim penghujan. Khusus wilayah Kampwolker sangat terasa akibat penggundulan hutan yang masif karena faktor ekonomi. Tapi bisa berdampak negatif bagi warga masyarakat sekitar, selain banjir, longsor dan kekeringan juga berdampak ke perubahan suhu di wilayah sekitar Perumnas 3,” jelas Luis Mebri.

Untuk itu dirinya berharap, kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi juga warga masyarakat secara sadar dan bertanggung jawab menanam kembali pohon yang di tebangnya, karena dari 1 pohon sangat berdampak besar bagi lingkungan apalagi 1000 pohon.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi juga warga masyarakat secara sadar dan bertanggung jawab menanam kembali pohon yang di tebangnya, karena dari 1 pohon sangat berdampak besar bagi lingkungan apalagi 1000 pohon,” harapnya.

Sementara itu, Yohanis Somis selaku Ketua BEM Fakultas MIPA Uncen mengatakan agar tidak lagi menebang hutan sembarangan. Dan juga bisa sama-sama menjaga dan melestarikan hutan bersama-sama dan lebih hebat lagi masyarakat bisa ikut terlibat menanam pohon buat mereka pu anak cucu yang akan menikmati nanti.

“Ini tugas bersama kedepan untuk terus memberikan sosialisasi dan pemahaman bagi keluarga-keluarga kita yang bermukim disekitar kawasan Kampwolker untuk lebih memperhatikan kelestarian hutan dan pemerintah juga harus berani menindak dengan tegas bagi pelangaran yang terjadi berkaitan dengan lingkungan,” ungkap Anis sapaan akrabnya.

Reporter: Fourly Latul

Editor: Malik A

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed