oleh

Akibat Air Pasang, Satu Rumah Warga dan Pelabuhan Desa Lafeu Terendam

Celebesta.com – MOROWALI, Akibat naiknya permukaan air laut, satu rumah warga dan Pelabuhan Lafeu terendam di Desa Lafeu, Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Salah seorang masyarakat Desa Lafeu, Alfina R. S.Pd, mengatakan kejadian naiknya air laut seperti ini dari beberapa hari yang lalu, akibat naiknya permukaan air laut 1 rumah warga dan pelabuhan Lafeu terendam.

“Rumah yang terendam air laut itu, rumahnya Mama Nesa, karena naiknya air laut sangat tinggi sehingga rumah itu dimasuki air, bahkan pelabuhan pun terendam air laut sekitar 30 cm tingginya,” kata Alfina saat dihubungi Celebesta.com, Minggu (7/3/2021).

Menurut Alfina, naiknya permukaan air laut adalah fenomena yang disebabkan oleh banyak faktor yang kompleks, perubahan ini bisa jadi merupakan pertanda awal dari efek pemanasan global terhadap kenaikan muka air laut.

“Kejadian naiknya air laut seperti ini bukan hanya baru ini terjadi, bahkan beberapa tahun yang lalu sempat naik air seperti ini, semoga kejadian seperti ini cepat berakhir, dan air lautnya normal kembali,” imbuhnya.

Pada saat yang sama, Dony Firdaus membenarkan naiknya air laut itu sampai merendam Pelabuhan Desa Lafeu, dan 1 rumah warga terendam yaitu rumahnya Mama Nesa, dan ada juga beberapa mobil Avanza terendam air laut di pelabuhan.

Lanjut Dony, mobil itu terendam air laut hanya sebagian saja yaitu bagian pelek mobil dan bawah mesin, mungkin yang punya mobil tersebut menyebrang ke Pulau, sehingga mereka parkir di pelabuhan Desa Lafeu, dan bahkan mereka tidak tau kalau air laut naiknya seperti itu.

“Air laut itu mulai naik dari jam 3 sore, dan air lautnya turun kembali sebelum magrib, kejadian seperti ini sudah 5 hari terjadi,” ungkap Dony.

Reporter: Abdul Rauf

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed