oleh

Aliansi Pemuda Bugis Tuntut Kades Turun dari Jabatan

Celebesta.com – PARIMO, Gerakan pemuda peduli Desa Bugis, Kecamatan Mepanga, Kabupaten Parigi Moutong melakukan unjuk rasa di depan Kantor Desa Bugis dengan tuntutan agar Kepala Desa Bugis mundur dari jabatanya, Kamis (14/01/2021).

Warga Bugis tersebut menginginkan Kades untuk turun dari jabatanya perihal kasus tidak transparan mengelola Dana Desa (DD), sehingga mengakibatkan kerugian DD sebanyak Rp.130 juta.

Etricat sebagai korlap, mengutarakan tuntutanya untuk melakukan aksi menyelamatkan uang Negara yang seharusnya diperuntukan bagi kepentingan masyarakat Desa Bugis pada tahun anggaran 2018 dan 2019.

“Kami juga dari gerakan pemuda Desa Bugis serta masyarakat meminta agar Pemerintah Desa atau Kades dalam menjalankan roda kepemerintahan itu sesuai dengan Pasal 24 ayat (4), huruf b UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ujar korlap.

Lanjut Etricat, seorang Kepala Desa harus melakukan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, professional, efektif dan efesien, bersih, serta bebas dari kolusi korupsi dan nepotisme.

“Kami sebagai masyarakat Desa Bugis, sangat tegas meminta Kepala Desa untuk segera turun dari jabatannya karena sebagai masyarakat kami merasa dihianati,” kata Etricat.

Berdasarkan beberapa tuntutan itu kami dari gerakan pemuda peduli Desa Bugis meminta agar pihak badan permusyawaratan desa serta pihak dari Pemerintah Kecamatan Menpanga untuk mendorong pihak terkait.

“Dalam hal ini inspektorat agar segera memberi kejelasan terhadap temuan tersebut dan bahkan kami secara tegas meminta pihak BPD dan pihak Pemerintah Kecamatan Mepanga agar mendesak pihak inspektorat agar melimpahkan temuan tersebut ke pihak Tipikor atau bahkan ke pihak Kejaksaan,” teriak masa.

Reporter: Jumriani

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed