oleh

Awasi Perairan, Bupati Tolitoli Bangun Kerjasama Dengan Bakamla

Celebesta.com — JAKARTA, Sebagai komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dalam menjaga dan mengawasi wilayah perairan, khususnya wilayah Kabupaten Tolitoli, Bupati menandatangani naskah kerjasama dengan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia, Laksamana Madya TNI Dr. A’an Kurnia pada Rabu siang (19/1) di Auditorium Bakamla RI Menteng Jakarta Pusat.

Naskah kerjasama yang ditandatangani itu untuk membangun dan mengatur sinergi dalam pola pikir dan pola tindak tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Tolitoli.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI A’an Kurnia saat memberikan sambutannya  menjelaskan bahwa Bakamla adalah badan yang bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

“Jadi bisa kita lihat tugas pokok ini satuan tugas operasional. Institusi operasional,” jelasnya dalam keterangan tertulis diterima Celebesta.com, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Tolitoli memiliki lebih dari 40 pulau dan 3 di antaranya adalah pulau terluar.

“Fakta fisik itulah yang membuat wilayah Kabupaten Tolitoli sangat membutuhkan sistem peringatan dini untuk keamanan utamanya di wilayah perairan,” katanya.

Olehnya itu Bupati berharap Bakamla dapat melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan atas pelanggaran hukum yang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Tolitoli khususnya.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan harapan, dengan ditandatanganinya naskah kerjasama itu dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan keamanan di wilayah Kabupaten Tolitoli serta meningkatnya perekonomian masyarakat khususnya masyarakat yang berdiam di wilayah pesisir.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Kepala Bakamla kepada Bupati Tolitoli dan dari Bupati Tolitoli kepada Kepala Bakamla. (Jum)

Share