oleh

Positif Covid-19, Gubernur dan Wagub Sulteng Isolasi Mandiri

Celebesta.com – PALU, Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola dan Wakil Gubernur H. Rusli Dg Palabbi saat ini dalam kondisi sehat wal Afiat, setelah dinyatakan positif OTG hasil pemeriksaan swab, Selasa (5/1).

Saat dikonfirmasi Celebesta.com, Kamis (7/1/2021), Juru Bicara Gubernur Sulawesi Tengah dan juga Plt. Karo Humas Protokol, Haris Kariming membenarkan Gubernur dan Wakil Gubernur Positif Covid-19 usai Swab-PCR.

Keduanya sebelumnya tinggal di kediaman pribadi masing-masing. Namun saat ini menjalani isolasi mandiri di Rumah jabatan Siranindi II Jalan Moh. Yamin Palu.

Dipastikan kondisi keduanya dalam kondisi biasa dan sehat secara medis tanpa merasakan sakit atau keluhan apapun. Sesuai saran dari dokter, keduanya menjalani masa isolasi hingga dinyatakan kembali negatif.

Juru bicara Gubernur, Plt. Karo Humas Protokol Drs. Moh. Haris Kariming menjelaskan, bapak Gubernur dan Wakil Gubernur melaksanakan swab PCR rutin pada hari Senin tanggal 4 Januari 2021.

Lanjut Haris, sambil menunggu hasil swab PCR keduanya melakukan tes rapid antigen pada Selasa pagi tanggal 5 Januari dan hasilnya Non Reaktif, pada sore hari yang sama Selasa keluar hasil swab PCR positif dengan angka CT keduanya diatas 35.

Secara medis, sesuai penjelasan dokter ahli patologi hal tersebut menandakan virus tersebut sudah kurang aktif dan melemah sehingga kurang beresiko serta tingkat penularan kepada orang lain juga sangat kecil

“Isolasi mandiri dilaksanakan untuk menjalankan protokol kesehatan sampai dengan adanya hasil pemeriksaan swab selanjutnya,” terang Haris melalui keterangan persnya diterima Celebesta.com, Kamis (7/1).

Haris menjelaskan, Gubernur bersama istri dan wakil gubernur bersama istri, Senin (4/1) melakukan swab secara rutin, untuk memastikan kondisi kesehatan. Sambil menunggu hasil swab, Selasa (5/1) keduanya melakukan rapid tes antigen.

“Hasil rapid antigen non reaktif,” kata Haris.

Selasa sore, keluar hasil pemeriksaan swab PCR, menyatakan Gubernur dan Wakil Gubernur positif Covid-19. Sementara istri Gubernur dan istri Wakil Gubernur dinyatakan negatif.

“Karena sudah ada hasil dari laboratorium ini, Gubernur dan Wakil Gubernur melaksanakan work from home. Menjalankan roda pemerintahan secara virtual. Ini untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan. Selain itu memastikan kepada masyarakat bahwa kedua kepala daerah ini kondisinya dalam keadaan baik dan sehat wal Afiat,” jelasnya.

Juru Bicara Gubernur, Haris Kariming meminta kepada seluruh masyarakat Sulteng mari kita bersama-sama mendoakan agar kondisi Gubernur dan Wakil Gubernur segera pulih kembali seperti sedia kala, dengan hasil pemeriksaan PCR berikutnya negatif. Agar keduanya bisa kembali menjalankan roda pemerintahan.

“Semoga Allah SWT melindungi bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, orang tua kita semua, agar kembali bisa beraktivitas seperti sebelumnya,” harapnya.

Reporter: Abdul Rauf

Editor: Unding

Share

Komentar

Tinggalkan Balasan